Pages

Powered by Blogger.

Category

LSI: Ada 3 Poros Koalisi Pemilu 2014

Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksi ada tiga poros koalisi partai politik (parpol) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 nanti. Ketiga poros tersebut adalah Partai Golkar (PG) dan koalisinya dengan Abruizal Bakrie (ARB) sebagai calon presiden (capres). Kemudian poros PDIP dan koalisinya dengan Megawati sebagai capres. Poros ketiga adalah Partai Demokrat (PD) dan koalisinya dengan pemenang konvensi sebagai capresnya.


'Namun indeks tersebut bisa berubah dengan syarat bahwa Megawati tidak maju sebagai capres dan memberi tiketnya kepada tokoh yang lain. Atau, PD gagal mendapatkan mitra untuk berkoalisi,' kata peneliti LSI Ardian Sopa dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (3/11).


Ia menjelaskan dengan aturan presidential threshold yang sama dengan pemilu 2009 yaitu partai atau koalisi partai politik (parpol) harus memenuhi 25 persen suara sah nasional atau 20 persen kursi di parlemen maka pola Pilpres 2014 berpotensial sama dengan pola Pilpres 2009. Jumlah pasangan capres dan cawapres di pemilu 2014 diperkirakan hanya tiga pasang.


'Hanya akan ada tiga tiket capres di pemilu 2014. Dua tiket capres nyaris aman digenggam oleh dua partai yang saat ini elektabilitasnya di atas 15 persen dan mendekati 20 persen. Dua partai adalah PDIP dan Golkar. Partai lain masih akan bermanuver agar bisa mengajukan capres atau cawapres,' tuturnya.


Peneliti LSI lainnya, Adjie Alfaraby menjelaskan survei LSI Oktober 2013 menunjukan elektabilitas PG mencapai 20,4 persen. Sementara PDIP mencapai 18,7 persen. Jika tidak ada blunder politik yang menyebabkan turunnya dukungan terhadap kedua partai ini maka tidak sulit bagi PG dan PDIP memenuhi syarat pencapresan. Dua partai ini akan menjadi poros utama dan memimpin koalisi capres dalam Pemilu 2014.


Menurutnya, pertarungan merebut tiket capres justru makin menarik jika PD gagal mendapatkan mitra koalisi. Kondisi ini terjadi jika PD gagal meraih suara lebih dari 15 persen. Survei LSI Oktober 2013, menunjukkan elektabilitas PD merosot ke angka 9,8 persen. Jika angka ini tidak terus menanjak hingga 15 persen maka partai besutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terpaksa harus mengumpulkan parpol lain untuk memenuhi syarat minimal pencapresan.


'Jika PD gagal meraih suara lebih dari 15 persen, pertarungan merebut tiket capres 2014 dengan parpol papan tengah lainnya makin imbang. Parpol papan tengah potensial lainnya siap menyalip dan bertarung merebut tiket pencapresan tersebut. Mungkin akan lahir koalisi poros tengah jilid dua tapi dengan komposisi yang berbeda dengan poros tengah di 2004 yang berhasil mengalahkan Golkar dan PDIP,' ujarnya.


Dia menjelaskan partai tengah yang berpeluang menyalip PD adalah Gerindra, PAN, Hanura, dan Nasdem. Kelima partai ini akan sulit bersatu untuk membentuk poros ketiga. Yang terjadi malah tarik menarik antar partai untuk merebut koalisi dan memastikan satu tiket capres tersisa.



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul LSI: Ada 3 Poros Koalisi Pemilu 2014. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/11/lsi-ada-3-poros-koalisi-pemilu-2014.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Sunday, November 3, 2013

Belum ada komentar untuk "LSI: Ada 3 Poros Koalisi Pemilu 2014"

Post a Comment