Pages

Powered by Blogger.

Category

Tiga Kekuatan di Pemilu 2014: Demokrat Berpeluang Masuk Poros Tengah Jilid II


Tribunnews.com/Bian Harnansa




TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemilihan Umum 2014 mendatang diperkirakan hanya akan memunculkan tiga kelompok kekuatan. Dua posisi nantinya dipegang oleh kelompok Partai Golkar dan koalisinya serta kelompok PDI Perjuangan dengan koalisinya. Kelompok ketiga yang muncul adalah koalisi lima partai politik yang disebut dengan poros tengah jilid II.


Survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada Oktober 2013, memasukkan elektabilitas Partai Golkar 20,4 persen dan PDI Perjuangan 18,7 persen.


Peneliti LSI Ardian Sopa mengatakan, kedua partai politik itu akan membentuk kelompok kekuatan sendiri-sendiri dalam mengusung pasangan capres dan cawapres bersama partai koalisinya. Di dalam survei itu juga, posisi Partai Demokrat berada di peringkat ketiga dengan 9,8 persen.


Menurut Ardian, Partai Demokrat dan empat partai politik papan tengah lainnya seperti Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura, dan Partai Nasdem inilah yang akan menjadi poros tengah jilid II. Hal itu karena lima partai politik itu memiliki kekuatan dana pemilu, ketokohan pimpinan partai dan akses media.


'Kelima partai politik papan tengah ini akan merebut suara pemilih yang belum memutuskan (swing voters) sebesar 19,4 persen,' ujar Ardian dalam jumpa pers di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Minggu (3/11/2013).


Meski berpeluang membentuk koalisi poros tengah jilid II, Ardian menilai kelima partai politik ini juga akan sulit memunculkan satu nama capres lantaran ketokohan pimpinan parpol-parpol itu.


Misalnya, Partai Demokrat dengan capres hasil konvensinya, Partai Gerindra yang sudah harga mati mencalonkan Prabowo Subianto sebagai capres, Partai Hanura dengan pasangan Wiranto-Hary Tanoesoedibjo yang deklarasi sejak awal, PAN dengan sosok Hatta Rajasa, dan Partai Nasdem dengan Surya Paloh yang memiliki jaringan kuat dalam media massa.


'Ini akan menjadi tarik menarik antar partai ini dalam merebut koalisi dan memastikan satu tiket capres tersisa. Partai yang di Pemilu 2014 nantinya berada di urutan ketiga yang paling mungkin memimpin koalisi untuk tiket capres yang ketiga,' katanya.


Di dalam survei poros tengah jilid II kali ini, LSI tidak menyertakan kajian survei yang dilakukannya terkait kekuatan koalisi poros tengah jilid II dibandingkan partai lain. Ardian menyatakan, LSI baru akan melakukan kajian survei soal sosok yang muncul dari poros tengah jilid II ini dalam survei yang dilakukan mendatang.


Dia memastikan bahwa, rilis peluang koalisi poros tengah jilid II yang dilakukan hari ini berasal dari dana corporate social responsibility (CSR) yang berasal dari keuntungan- keuntungan hasil melakukan survei semua partai politik di Indonesia. masahmadsafwan.blogspot.com


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul Tiga Kekuatan di Pemilu 2014: Demokrat Berpeluang Masuk Poros Tengah Jilid II. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/11/tiga-kekuatan-di-pemilu-2014-demokrat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Sunday, November 3, 2013

Belum ada komentar untuk "Tiga Kekuatan di Pemilu 2014: Demokrat Berpeluang Masuk Poros Tengah Jilid II"

Post a Comment