Pages

Powered by Blogger.

Category

Menurut Survei LSI, Dimana Posisi Demokrat pada Pemilu 2014?


Tribunnews.com, Jakarta - Survei terbaru yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menunjukkan tingkat elektabilitas Partai Demokrat terus menurun. Peserta konvensi capres yang dilakukan partai ini juga masih belum mampu menyalip kandidat-kandidat capres dari partai lain yang sudah ada.


Dengan kondisi ini, Partai Demokrat diperkirakan tidak akan menjadi pemain utama dalam Pemilu 2014 mendatang. Pada survei LSI Oktober 2012 dan Maret 2013, elektabilitas Partai Demokrat masih di atas 10 persen. Pada Oktober 2012, elektabilitas Partai Demokrat sebesar 14 persen, sementara pada Maret 2013 turun menjadi 11,7 persen.


Pada Oktober 2013, elektabilitas Partai Demokrat telah merosot menjadi 9,8 persen. Pada survei terakhir, LSI menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden awal 1.200 responden. Teknik pengambil data yang dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.


'Partai Demokrat suaranya turun terus, pilihannya tinggal bergabung ke poros tengah yang dihuni partai-partai papan tengah. Di poros tengah pun, dia tidak akan menjalankan peran utama,' kata Peneliti LSI Ardian Sopa dalam jumpa pers di kantor LSI, Jakarta, Minggu (3/11/2013).


Menurut Ardian, tidak bisanya Partai Demokrat menjalankan peran dalam koalisi poros tengah disebabkan tidak adanya tokoh yang kuat dalam Konvensi Capres Partai Demokrat. Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat masih kalah pamor dengan Joko Widodo, Prabowo Subianto, dan Wiranto yang berpeluang diajukan sebagai capres dari koalisi poros tengah.


Ia menuturkan, sosok Dahlan Iskan sebenarnya tertinggi elektabilitasnya dibandingkan peserta konvensi yang lain karena memiliki jaringan media massa yang kuat. Namun, jika Dahlan dibandingkan capres lainnya, nama Dahlan tak masuk dalam posisi tiga besar.


Sementara untuk posisi cawapres, Ardian menjelaskan koalisi poros tengah diperkirakan akan berasal dari partai Islam dengan asumsi capres dari poros ini berasal dari partai nasionalis. 'Kalau Partai Demokrat tidak memiliki suara signifikan, misalnya 15 persen, bukan tidak mungkin Demokrat hanya ikut dalam koalisi tanpa punya kekuatan untuk memajukan capres atau cawapres,' ujar Ardian.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul Menurut Survei LSI, Dimana Posisi Demokrat pada Pemilu 2014?. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/11/menurut-survei-lsi-dimana-posisi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Sunday, November 3, 2013

Belum ada komentar untuk "Menurut Survei LSI, Dimana Posisi Demokrat pada Pemilu 2014?"

Post a Comment