Pages

Powered by Blogger.

Category

Perludem Yakin Tak Ada Upaya Sistematis Kacaukan DPT Pemilu 2014


Warta Kota/henry lopulalan


TRIBUNNEWS.COM - Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) tak yakin ada upaya sistematis menciptakan agar Data Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014 bermasalah. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan politik pada Pemilu 2014 mendatang.


Apalagi, sekarang ini, menurut Ketua Perludem, Didik Supriyanto, proses pendaftaran pemilih dilakukan transparan dan dibuka berkali-kali kepada publik untuk mengecek apakah masih ada masyarakat yang belum terdaftar.Bahkan, saling kontrol antara peserta Pemilu dan Partai Politik dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta dengan media juga dijalin.


'Sehingga rasanya, siapapun yang ingin melakukan upaya-upaya sistematis untuk menang pemilu dengan cara memanfaatkan data pemilih itu, saya pikir kok enggak masuk akal,' ujar Didik dalam Konferensi pers Perludem dalam menyikapi jelang penetapan rekapitulasi DPT Pemilu 2014 secara nasional pada 4 November mendatang di Bakoel Koffie Cikini, Jakarta, Minggu (3/11/2013).


Dia tegaskan pula, praduga seperti itu tidak mungkin terjadi di tengah proses pendaftaran pemilih yang sangat transparan dibanding proses yang terjadi pada Pemilu 2009 lalu.


'Prosesnya terbuka, sangat berbeda dengan Orde Baru, dan 2009,' tuturnya. Karena itu, dia tegaskan, sangat tidak masuk akal bahwa kesalahan-kesalahan data pemilih yang terjadi memang sudah direncanakan.


Namun, dia minta juga agar KPU sebagai otoritas bisa meyakinkan masyarakat bahwa proses yang dilakukannya itu benar dan tepat serta bebas dari agenda dan kepentingan politik. Dan hal itu hanya bisa dibuktikan dengan kinerja dan semua proses yang dilakukan KPU terbuka dan bisa baik peserta dan pemantau pemilu memberikan masukan atau kritikan untuk memperbaiki data pemilih agar data yang ada semakin lebih baik.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul Perludem Yakin Tak Ada Upaya Sistematis Kacaukan DPT Pemilu 2014. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/11/perludem-yakin-tak-ada-upaya-sistematis.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Sunday, November 3, 2013

Belum ada komentar untuk "Perludem Yakin Tak Ada Upaya Sistematis Kacaukan DPT Pemilu 2014"

Post a Comment