Pages

Powered by Blogger.

Category

Caleg Perempuan Perlu Susun Strategi Pemenangan Pemilu 2014


JAKARTA (Pos Kota) - Calon legislatif (caleg) perempuan harus memiliki strategi yang jitu agar mampu mendulang suara dalam pemilu legislatif 2014.


Tanpa strategi yang jitu, dikhawatirkan suara caleg perempuan akan jeblok dan kuota 30 persen di parlemen bisa gagal.


Sekretaris Menteri Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Sri Danti, mengatakan caleg perempuan sebagian besar merupakan wajah baru dan belum memiliki jam terbang cukup untuk menghadapi kompetitor caleg laki-laki.


'Banyak caleg-caleg perempuan wajah baru yang memang benar-benar baru terjun dalam dunia politik. Dan mereka harus mendapatkan pembekalan yang cukup bisa mendulang suara yang banyak, ' jelas Sri Danti disela pelatihan caleg perempuan menghadapi Pemilu 2014 bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kamis (19/9).


Selain itu, sebagai perempuan, menurut Danti caleg perempuan memiliki tugas yang melekat sebagai seorang istri dan ibu. Karenanya caleg perempuan harus mampu menjalankan peran gandanya sebagai caleg dan sebagai ibu secara sinergi.


Menurut Danti, strategi pemenangan bagi caleg perempuan penting terkait bagaimana supaya caleg perempuan bisa mendulang suara terbanyak sehingga bisa masuk dalam struktur parlemen.


Danti mengatakan KPP dan PA, optimis target kuota 30 persen keterwakilan perempuan dilembaga legislatif bisa terpenuhi dalam Pemilu 2014.


'Kita sudah ada kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum untuk ikut mengawasi setiap parpol yang lolos agar memenuhi kuota minimal 30 persen caleg perempuan,' katanya.


KPP dan PA juga akan mendata seberapa masing-masing parpol telah menyediakan kursi bagi caleg perempuan dan bagaimana keseriusan parpol tersebut memperjuangkan hak-hak perempuan.


Terkait pelatihan caleg perempuan tersebut Danti mengatakan bahwa para caleg dari 12 parpol yang ada akan mendapatkan pengetahuan dan pemahaman terkait isu perempuan dan anak.


Misalnya tentang angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi baru lahir dan sebagainya. Ini penting agar kelak ketika perempuan duduk pada lembaga parlemen, bisa memperjuangkan persoalan-persoalaan yang dihadapi perempuan dan anak.


'Kita akan bekali para caleg perempuan dengan data-data soal anak dan perempuan saat ini,' lanjut Danti.


Selain masalah anak dan perempuan, Danti juga memandang pentingnya penguasaan teknis pelaksanaan pemilu bagi perempuan. Seperti penghitungan suara, teknik melakukan kampanye dan cara menjaring suara serta stategi pemenangannya.


Kegiatan pelatihan caleg perempuan dijelaskan Danti akan terus dilakukan di daerah-daerah lain utamanya di 6 propinsi diantaranya Makassar, Jatim, Jateng, Jabar, Banten dan Sumsel. ( inung/d)


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul Caleg Perempuan Perlu Susun Strategi Pemenangan Pemilu 2014. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/09/caleg-perempuan-perlu-susun-strategi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Thursday, September 19, 2013

Belum ada komentar untuk "Caleg Perempuan Perlu Susun Strategi Pemenangan Pemilu 2014"

Post a Comment