Pages

Powered by Blogger.

Category

Gara

Danu Damarjati - masahmadsafwan.blogspot.com



Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan menunda penetapan dan pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014 yang dijadwalkan hari ini. Penundaan ini sesuai rekomendasi dari Komisi II DPR dan Badan Pengawas Pemilu yang menduga masih ada pemilih fiktif atau ganda dalam DPT hasil revisi.


'Kami berterimakasih kepada Bawaslu dan Komisi II DPR. Kami menerima rekomendasinya,' kata Ketua KPU Husni Kamil Manik, Rabu (23/10/2013).


Husni berbicara dalam rapat pleno di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, yang diikuti perwakilan parpol serta Bawaslu dan Komisi II DPR. Bawaslu dan Komisi II DPR merekomendasikan agar penetapan DPT ditunda dua minggu untuk mencermati kembali data-dara DPT. Komisi II menyatakan 6 November 2013 adalah waktu yang tepat untuk penetapan DPT.


'Kalau kami yang mengajukan proposal memperpanjang waktu, tentu akan jauh lebih susah dibanding jika Komisi II dan Bawaslu yang meminta kami memperpanjang waktu penetapan DPT,' kilah Husni disambut tawa seisi ruangan.


Bawaslu mempermasalahkan data-data pemilih yang berubah drastis antara data yang masih di tingkat DPT hingga data tingkat Sidalih (Sistem Data Informasi Pemilih). KPU-pun memaparkan bahwa sesungguhnya perbedaan itu karena adanya perbaikan yang dilakukan KPU pusat.


Jumlah calon pemilih dalam DPS (Daftar Pemilih Sementara) tercatat 187.977.268 orang. Di dalam DPT berkurang menjadi 186.842.533 dan menjadi 186.351.165 setelah DPT diolah Sitem Informasi Data Pemilih (Sidalih).


Perbaikan yang dilakukan KPU yang menyebabkan perubahan angka di atas merupakan perbaikan pada masalah pemilih ganda, pemilih yang sudah meninggal, dan pemilih tidak jelas.


'Misalnya ada yang namanya genderuwo, dedemit, dan sebagainya yang sudah ramai di media itu,' kata Husni.


(dnu/lh) Ayah Mempelai Wanita Sakit Parah, Pasangan Pengantin Menikah Di Ruang ICU. Selengkapnya dalam 'Reportase Pagi' pukul 04.30 WIB hanya di Trans TV
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul Gara. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/10/gara.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Wednesday, October 23, 2013

Belum ada komentar untuk "Gara"

Post a Comment