Pages

Powered by Blogger.

Category

Sejarah Hari Ini (25 Oktober 1953): Real Madrid 5

Episode kontroversial transfer Alfredo Di Stefano menghiasi El Clasico 1953 sekaligus menandai kebangkitan Real Madrid.


OLEH GUNAWAN WIDYANTARA Ikuti di twitter Salah satu episode transfer kontroversial paling besar di sepakbola Spanyol adalah 'perang' antara Barcelona dan Real Madrid saat berburu superstar Argentina Alfredo Di Stefano dari klub Kolombia Millionarios.


Pada Maret 1952, El Real masih puasa gelar selama 19 tahun dan mengundang klub Bogota Millonarios ambil bagian turnamen perayaan ulang tahun klub ke-50. Di pertandingan pertama menghadapi Norkoeping, di Stefano mencetak dua gol. Pada duel kedua, sambil berulangtahun sang bintang menorehkan dua gol lainnya.


Pemandu bakat Barcelona dan Real Madrid tentunya tidak bisa berdiam diri melihat berlian di depan mata, tanda tangan Di Stefano harus didapat tetapi masalahnya tahun 1949, sang pemain meninggalkan River Plate begitu saja ke Millanarios, klub Liga Kolombia yang pada saat itu tidak diakui FIFA.


Keributan kemudian terjadi karena Barcelona mengklaim sudah melakukan pembelian ke River Plate (mengklaim penjualan disetujui Millonarios) sementara Real Madrid telah menebus harga yang diminta Millonarios. Setelah melalui perjalanan berliku, Di Stefano akhirnya jatuh ke pelukan Los Merengues (baca lengkap ruwetnya transfer Di Stefano).



Dua pekan setelah resmi menjadi milik Madrid, tepatnya 25 Oktober 1953, Di Stefano melakukan debut di El Clasico, Barcelona datang ke Bernabeu dengan status empat kali juara di enam musim terakhir tetapi Di Stefano berhasil mencuri perhatian dengan mengantarkan kemenangan bagi Real Madrid lima gol tanpa balas.


Gol pertamanya dicetak dari jarak dekat hingga mendongkrak semangat Madrid dan dalam tempo lima menit tepatnya menit 34, 35 dan 39 tuan rumah menambah gol melalui Roque Olsen dan Molowny sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan 4-0.


Di babak kedua Di Stefano menyempurnakan penampilannya dengan menyumbang satu gol tambahan dan Madrid pun berpesta. Di musim sama, di Stefano mengakhiri puasa gelar El Real dan sejak saat itu pula publik Catalan dipaksa menyaksikan bagaimana El Real mendominasi Spanyol dan Eropa dalam waktu yang cukup lama.


Starting XI: Pazos, Navarro, Oliva, Lesmes II, Muñoz, Zarraga, Joseito, Olsen, Di Stefano, Molowny, Atienza.



Starting XI: Velasco, Segarra, Biosca, Gracia, Flotats, Bosch, Basora, Vila Soler, Kubala, Moreno, Manchon.


5 Di Stéfano '10Roque Olsen '34Roque Olsen '35Molowny '39Di Stéfano '85


0

Cuplikan pertandingan Real Madrid 5-0 Barcelona.


Simak LIVE Commentary Barcelona vs. Real Madrid!


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori real madrid dengan judul Sejarah Hari Ini (25 Oktober 1953): Real Madrid 5. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/10/sejarah-hari-ini-25-oktober-1953-real.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Thursday, October 24, 2013

Belum ada komentar untuk "Sejarah Hari Ini (25 Oktober 1953): Real Madrid 5"

Post a Comment