Pages

Powered by Blogger.

Category

Peneliti LIPI: Golkar dan PDIP Bersaing Ketat di Pemilu 2014

Jakarta - Peneliti politik senior dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro, mengemukakan konstelasi politik menjelang Pemilu 2014 nyaris sama dengan Pemilu 2009. Bedanya, menyongsong Pemilu 2014, iklim politik lebih keruh, kompetisi antar partai cenderung saling membuka aib elit partai untuk menjatuhkan partai lawan.


Ketidakpercayaan (distrust) yang terbangun relatif tinggi. Lalu, semua stakeholders terkait tak hanya mengawasi, tapi juga saling mendistorsi.


'Partai yang mestinya meminta dukungan rakyat membangun legitimasi, realitasnya malah menuai delegitimasi karena ulah dan perilaku para elit yang kurang menjaga empati rakyat,' kata Siti di Jakarta, Senin (28/10).


Ia memprediksi pemilu legislatif (Pileg) 2014 bisa jadi akan menampilkan dua partai besar yaitu Golkar dan PDIP, bersaing ketat untuk meraih nomor satu. Partai yang internalnya solid dan mampu mempromosikan caleg-caleg yang berkualitas dan dipercaya rakyat akan memenangkan pileg.


'Jika presidential threshold (Pres-T) masih mengikuti aturan main lama, tak tertutup kemungkinan pasangan capres-cawapres yang akan muncul sekitar 3-4. Partai yang akan leading dalam koalisi bisa jadi PDIP, Golkar, Gerindra, dan Demokrat,' tutur Siti.


Menurutnya, fenomena partai kecil dan tokoh besar sudah ditunjukkan melalui pemilu-pemilu sebelumnya. Idealnya, partai besar dan tokohnya juga besar, sehingga kepemimpinannya mantap, meskipun bukan berarti bahwa tokoh besar partai menengah atau kecil bisa juga sukses dalam memimpin negeri. Ketidaksinambungan antara tokoh yang dipromosikan dan partai yang pengusung bisa terjadi di negara Indonesia, karena peran tokoh dinilai melampau kapasitas partai.


Dia menanggapi dua fenomena menarik yaitu elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres sangat tinggi, namun partainya (Gerindra) sulit mencapai 5 besar. Kedua, elektabilitas Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie masih berada di bawah, sedangkan Golkar tetap menjadi partai 3 besar.


'Tampaknya Pilpres 2014 akan menjadi kesempatan terkahir bagi Prabowo. Tidak tertutup kemungkinan segala daya upaya akan dilakukan, mulai dari pendekatan ke partai-partai yang dinilai seirama dengan dirinya dan partai sampai ke upaya memenangi pileg 2014. Partai yang memungkinkan diajak berkoalisi PKS, PBB, PKB, PPP,' ujar Siti.



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul Peneliti LIPI: Golkar dan PDIP Bersaing Ketat di Pemilu 2014. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/10/peneliti-lipi-golkar-dan-pdip-bersaing_28.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Monday, October 28, 2013

Belum ada komentar untuk "Peneliti LIPI: Golkar dan PDIP Bersaing Ketat di Pemilu 2014"

Post a Comment