Pages

Powered by Blogger.

Category

Hanura Minta DPT Pemilu 2014 Jangan Disepelekan





Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Hanura meminta semua pihak agar tidak menyepelekan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2014. Pasalnya, jika DPT Pemilu 2014 bermasalah, maka secara otomatis Pemilu 2014 akan bermasalah, danhasil pemilu akan menjadi cacat.


Untuk itu, Hanura berharap, penundaan penetapan DPT oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga tanggal 4 November mendatang, bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh KPU untuk menyempurnakan DPT.


Hal tersebut disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjend) Bidang Hukum dan HAM DPP Hanura, Kristiawanto, Rabu (30/10/2013).


'Dengan penundaan ini, kami meminta KPU dapat bekerja semaksimal mungkin untuk berkonsentrasi dan fokus memperbaiki DPT, sebelum penetapan DPT yang tinggal beberapa hari lagi. Kami khawatir jika sampai terjadi penundaan lagi karena masalah DPT, masyarakat akan curiga dan akan muncul ketidakpercayaan masyarakat padapenyelenggara pemilu,' ujar Kristiawanto.


Menurut Kristiawanto, DPT dari pemilu ke pemilu selalu saja menjadi masalah mendasar, sehingga mengurangi derajat kualitas hasil pemilu. Untuk itu, Kris berharap pada Pemilu 2014 hal itu tidak akan terjadi lagi.


Lebih jauh, Kristiawanto juga meminta agar KPU mengambil langkah-langkah strategis, agar masalah utama yang menjadi kendala dalam penyempurnaan DPT bisa segera diatasi. Langkah ini perlu melibatkan semua stakeholder, dan tidak hanya terpaku pada data-data KPUD Propinsi atau KPUD Kabupaten/Kota. Langkah ini, menurut Kris, sebagai upaya preventif, agar tidak terjadi darurat DPT.


Selanjutnya, ketika DPT telah disempurnakan, Kristiawanto berharap partai politik diberikan salinannya, sebelum ditetapkan oleh KPU. Upaya tersebut harus dilakukan oleh KPU, agar ada ruang untuk saling mengawasi, antara peserta dan penyelenggara pemilu.



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul Hanura Minta DPT Pemilu 2014 Jangan Disepelekan. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/10/hanura-minta-dpt-pemilu-2014-jangan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Tuesday, October 29, 2013

Belum ada komentar untuk "Hanura Minta DPT Pemilu 2014 Jangan Disepelekan"

Post a Comment