Pages

Powered by Blogger.

Category

Ini Maskot dan Jingle Pemilu 2014


masahmadsafwan.blogspot.com IMAGES/Roderick Adrian Mozes


Petugas memeriksa data pemutakhiran pemilih pemilu 2014, di Kelurahan Kenari, Jakarta, Selasa (4/6/2013). Komisi Pemilihan Umum mulai melakukan pendataan daftar pemilih untuk ikut dalam pemilihan umum 9 April 2014.


JAKARTA, masahmadsafwan.blogspot.com.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan maskot dan jingle Pemilu 2014. Maskot Pemilu diberi nama Sikora atau Si Kotak Suara. Sikora didesain oleh Lilyk Sugiarti.


'Sikora, Si Kotak Suara, menyimbolkan tempat rakyat menitipkan amanahnya untuk lima tahun ke depan. Dengan kotak suara itu kami harapkan, suara yang diberi oleh rakyat dalam pemilu ke depan bisa kami pastikan keamanannya, kami kerahasiannya, sehingga pemilih menggunakan hak pilihnya dengan bebas tanpa ada intervensi tanpa merasa ada tekanan,' jelas Komisioner KPU Sigit Pamungkas yang juga menjadi anggota dewan juri sayembara cipta Maskot Pemilu 2014 usai peluncuran Maskot dan Jingle Pemilu 2014 di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Kamis (10/10/2013).


Sementara itu, jingle Pemilu 2014 berjudul 'Memilih untuk Indonesia'. KPU menetapkan penyanyi Judika untuk membawakan jingle tersebut. Jingle diciptakan peserta sayembara dari Manado, Sulawesi Utara Enrico Michael Wuru.


Melalui maskot dan jingle ini, KPU berharap ada peningkatan partisipasi publik untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu 2014 mendatang.


'Prediksi kami, ini (maskot dan jingle pemilu) bisa meningkatkan partisipasi publik. Ini upaya sebesar-besarnya yang kami lakukan,' ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik.


Dia mengatakan, masyarakat Indonesia lebih mudah didekati dengan pemahaman simbolik. Ia menuturkan, gambar yang menarik dan aransemen lagu yang mudah diterima dapat memotivasi publik untuk memilih pada Pemilu 2014.


'Masyarakat kita masih bisa didekati dengan pemahaman simbolik, sehingga untuk gambar-gambar yang menarik yang sudah tertuang dalam maskot dan lagu dalam jingle sangat memotivasi. Dengan demikian, pencirian terhadap penyelenggaraann pemilu 2014 bisa kuat,' ujar Husni.


Husni menjelaskan maskot pemilu dilambangkan dengan kotak suara yang merupakan simbol kedaulatan rakyat. Sementara itu, lanjutnya, jingle pemilu sengaja dipilih yang bertempo cepat untuk meningkatkan semangat memilih.


Ke depan, lanjut Husni, KPU provinsi akan melakukan sosialisasi pemilu dengan didampingi maskot dan diiringi jingle pemilu. Maskot dan Jingle Pemilu 2014 merupakan hasil sayembara yang diselenggarakan KPU sejak Juli 2013 lalu. (*)


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul Ini Maskot dan Jingle Pemilu 2014. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/10/ini-maskot-dan-jingle-pemilu-2014.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Thursday, October 10, 2013

Belum ada komentar untuk "Ini Maskot dan Jingle Pemilu 2014"

Post a Comment