Pages

Powered by Blogger.

Category

BPPT Rekomendasikan e

Jakarta - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) merekomendasikan e-rekapitulasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk penghitungan suara di Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 mendatang.


Kepala BPPT, Marzan Aziz Iskandar mengatakan, saat ini e-rekapitulasilah yang paling siap, yang berupa proses pasca penghitungan suara dengan TIK. Hal ini bertujuan agar hasil pemilu bisa lebih dipercaya, transparan, akuntabel, murah dan cepat. Berbagai keuntungan ini pulalah yang menurutnya ditawarkan BPPT.


'E-rekapitulasi saat ini merupakan pilihan yang inovatif dan sangat penting dalam melaksanakan salah satu pilar demokrasi yang berkualitas, yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan dalam penyelenggaraan pemilihan umum di tahun-tahun sebelumnya,' katanya, di sela-sela Dialog Nasional Sinergi Menuju Pemilu Elektronik di Indonesia, bertajuk 'Inovasi Teknologi e-Rekapitulasi Pemilu 2014', di Jakarta, Kamis (10/10).


Dijelaskan Marzan, e-rekapitulasi adalah bagian proses yang paling penting dari e-voting. Tepatnya yaitu proses pengolahan, pengiriman dan penayangan hasil rekapitulasi perolehan suara pemilu di tiap tempat pemungutan suara, serta menghasilkan jejak audit.


Disebutkan lagi, dalam program e-rekapitulasi ada tujuh alternatif teknologi yang ditawarkan, beserta plus-minusnya. Dari jumlah itu, ada dua tipe yang berkompetisi, yakni menggunakan short message service (SMS)/unstructed supplementary service data (USSD), serta optical mark recognition (OMR)/digital mark reader (DMR).


Marzan menambahkan, jika orientasi utama e-rekapitulasi adalah pada faktor kecepatan penayangan hasil, semisal hari pertama ditargetkan 40 persen perolehan suara di TPS telah dapat ditayangkan, maka pengiriman hasil rekapitulasi melalui SMS/USSD dapat dipertimbangkan.


Akan tetapi menurutnya, penggunaan SMS/USSD tidak dapat memberikan bukti otentik perolehan suara di TPS, yang juga sangat dibutuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sehingga, pengiriman bukti otentik harus disiapkan melalui aplikasi lain, seperti pengiriman foto form C1 melalui ponsel Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).


Teknologi rekapitulasi berbasis TIK ini pun, dipastikan Marzan, bisa mencegah aspek manipulasi data. Teknologi ini juga bisa ditelusuri sumber kesalahannya, sehingga diklaim tetap menjamin pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul BPPT Rekomendasikan e. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/10/bppt-rekomendasikan-e.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Friday, October 11, 2013

Belum ada komentar untuk "BPPT Rekomendasikan e"

Post a Comment