Pages

Powered by Blogger.

Category

Media Sosial Belum Tentu Berjaya di Pemilu 2014



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemilu 2014 tidak bisa disamakan dengan Pilkada DKI Jakarta setahun lalu, terkait penggunaan media sosial seperti Facebook atau Twitter.


Nukman Luthfie, pemilik Virtual Consulting mengatakan, Jakarta berbeda dengan Indonesia dalam pemerataan fasilitas internet. Di Jakarta, masyarakatnya hampir bisa disebut sebagai masyarakat digital.


'Saya bilang hati-hati membaca kemenangan Jokowi karena media sosial. Tapi, itu karena konsentrasi Twitter-nya ada di Jakarta,' ujar Nukman sela diskusi 'Dari Jakarta Baru ke Indonesia Baru: Sebuah studi tentang Media Sosial dalam Perluasan Civic Engagement dan Pemerintahan Partisipatoris di Jakarta, Serta Implikasinya bagi Demokrasi Partisipatoris di Indonesia, di Hotel Aryaduta, Jakarta, Jumat (18/10/2013).


'Selama pengguna media sosial tidak merata di Indonesia, maka ketika Pemilu 2014, kejadian di Jakarta belum tentu terulang,' imbuh Nukman.


Kunci media sosial di Indonesia, lanjutnya, sebenarnya bukan melalui internet (PC), namun melalui telepon pintar seperti BlackBerry, Samsung, iphone, dan sebagainya.


Pengguna 'smartphone' di Indonesia adalah anak-anak muda. Menurut Nukman, sekitar 40 juta 'smartphone' tersebar di Indonesia.


Ini merupakan peluang besar untuk berkampanye, karena yang tren di media sosial biasanya akan memiliki gaung. Sebut saja bagaimana seorang anak yang menyarankan orangtuanya memilih seorang calon, karena beritanya tersebar di media sosial.


'Nah, kalau kemudian penyebarannya merata, gerakan politik dimungkinkan terjadi. Tapi, di 2014 kira-kira pengguna smartphone baru enggak sampai 40 persen dari total populasi. Kalaupun suaranya berpengaruh pada pemilu, itu leblih kepada influence-nya,' papar Nukman.


'Mungkin dia enggak milih langsung karena anak-anak, tapi dia akan menginfluence orangtuanya, ayah tolong pilih ini. Ini kejadiannya sama dengan (Wali Kota) Ridwan Kamil di Bandung,' jelasnya. (*)



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pemilu 2014 dengan judul Media Sosial Belum Tentu Berjaya di Pemilu 2014. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://masahmadsafwan.blogspot.com/2013/10/media-sosial-belum-tentu-berjaya-di.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: arie - Friday, October 18, 2013

Belum ada komentar untuk "Media Sosial Belum Tentu Berjaya di Pemilu 2014"

Post a Comment